Selasa, 30 November 2010

Tulisan Bebas

"Dari sabang sampai merauke.. berjajar pulau pulau.. sambung menyambung menjadi 1 ITULAH INDONESIA..”
( Indonesia Negeri Bersama )

Penggalan lagu dari sabang sampai merauke tersebut dapat diartikan kalau negara kita INDONESIA ini bukanlah hanya milik orang jakarta saja, bukan milik orang pulau Jawa saja, tapi INDONESIA merupakan milik seluruh rakyat INDONESIA dari sabang sampai merauke. INDONESIA ini punya kita bersama, punya kita semua.

Jadi alangkah baiknya setiap warga negara INDONESIA menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia. Dari sabang sampai merauke pula banyak beragam macam kebudayaan, baik itu tarian, rumah adat, upacara sakral, kesenian khas daerah lainnya yang tak ternilai harganya. Maka sepantasnya kita melestarikan berbagai kebudayaan Indonesia tersebut, karena itu adalah aset bangsa yang tak ternilai harganya. Selain itu, Kekayaan alam yang sangat banyak yang terkandung dalam bumi pertiwi kita ini perlu juga dijaga.n jangan lagi ada explorasi berlebihan terhadap suatu kekayaan alam kita. Contohnya adalah kesalahan fatal dengan di managenya freeport oleh pihak asing. Karena itu sama saja membiarkan orang lain mengambil harta kita. Bahkan tenaga kerja freeport sendiri adalah orang asing, bukan warga papua sekitar. Warga papua sekitar hanya sebagai buruh atau bawahan, sementara dalam jajaran manajemennya dikuasai pihak asing. Yang lebih membuat kita menarik nafas panjang adalah pencemaraaan yang terjadi merugikan warga sekitar. Sementara itu pemerintah kita tak berdaya apa-apa. Apa itu sikap pemimpin kita?

Negara ini punya kita, jadi apa yang terjadi di aceh ataupun jayapura sekalipun kita juga merasakan. Seperti bencana gempa dan tsunami aceh, yogyakarta, padang, banjir bandang di wasior, banjir lumpur Lapindo di sidoarjo dan lain-lain kita semua merasakan kepedihan yang sama. Karena duka mereka adalah duka INDONESIA juga.

Kini sedang menjadi trend di masyarakat kita. Timnas sepakbola kita sedang dalam kondisi puncak dan berpeluang besar meraih juara AFF cup untuk pertama kalinya. Dan “Indonesia Negri bersama” sangat terasa betul jika dilihat dari animo masyarakat untuk mendukung timnas saat ini. Kebersamaan memiliki bangsa dan negara kitalah yang menjadi acuan bagaimana atau sejauh mana rakyat mampu mencintai negaranya. Tidak hanya memiliki, kita juga harus bersama membangun bangsa ini menjadi bangsa yang disegani dunia. Tak ada lagi bangsa lain yang dengan seenaknya mengambil budaya atau melampaui batas kedaulatan kita.

Memang kita akui Indonesia ada beragam perbedaan. Mulai dari suku (batak, minang, betawi, sunda, jawa, dayak, bugis dll), agama (islam, kristen, khatolik, hindu, budha), Ras, bahasa daerah dll yang mungkin sulit dihitung jumlahnya. Kesadaran akan perbedaan tersebutlah yang penting. Kita memang berbeda, tapi kita tetap 1, Bangsa Indonesia. Seperti yang tertera pata cakar garuda pancasila kita. “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi tetap[ 1 jua. INDONESIA. Satu karya anak bangsa yang sangat mencerminkan Indonesia yang terdapat banyaknya perbedaan tapi jika kita mengakui, menghormati atau bahkan menyelaraskan perbedaan tersebut, perbedaan antar kita akan menjadi sebuah kekuatan penting bagi Indonesia. Karya anak bangsa tersebut adalah sebuah lagu karya Superman is Dead yang penggalan liriknya seperti ini “ayo bangun dunia di dalam perbedaan jika satu tetap kuat kita bersinar.” Hanya ada satu. Satu Indonesia kita bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar