Selasa, 02 November 2010

Tugas Tulisan Bebas

MEMBIASAKAN HIDUP MANDIRI


Remaja seusia kita ini sangatlah dituntut untuk memulai hidup madiri. Tuntutan tersebut tidak hanya datang dari orang tua, tapi juga dari perkembangan diri kita sendiri. Saat diri ini beranjak dewasa, maka haruslah kita mandiri. Tidak lagi bergantung pada orang tua kita. Karena memang sudah menjadi jalan hidup seseorang, ketika ia sudah tumbuh dan sudah dirasa mampu melakukan segala sesuatu dengan kemampuannya sendiri, maka sudah seharusnya tak lagi bergantung pada orang tua. Atau bahkan kalau bisa ia justru mampu membantu segala beban keluarga dan membahagiakan kedua orang tuanya.

Hidup mandiri rasanya sudah tak perlu lagi dipelajari. Karena secara harfiah, manusia mau tidak mau akan melakukan kemandirian tersebut untuk melanjutkan hidupnya. Ya.. mandiri memang sudah menjadi tuntutan kehidupan ini.tanpa kemandirian, sampai kapanpun seseorang tak akan mampu menjalani hidupnya. Karena mau sampai kapan orang tersebut akan bergantung pada orang lain? Suatu saat nanti pasti ia juga akan ditinggalkan orang-orang yang selalu membantunya. Tak selamanya orang lain ada saat kita butuh. Jadi mulailah kita
mempelajari segala sesuatu yang belum dapat kita lakukan dan juga segala sesuatu yang biasa dilakukan orang lain untuk kita.

Ya.. mempelajari segala hal yang belum dapat kita lakukan ataupun yang biasa yang orang lain lakukan untuk kita adalah cara kita untuk belajar ataupun memulai hidup mandiri. Banyak contohnya, diantaranya: masak untuk makan sendiri, mencuci pakaian sendiri adalah pekerjaan yang biasa ibu lakukan untuk kita. Atau cara lain dengan bekerja dan memiliki penghasilan sendiri untuk membiayai hidup sendiri tanpa harus meminta pada orang tua. Lebih baik lagi jika hasil jerih payah kita mampu membantu keuangan keluarga, seperti membiayai sekolah adik.


Cara lain hidup mandiri adalah dengan membiasakan melakukan segala sesuatu dengan kemampuan sendiri. Jangan pernah berfikir kitak tak bisa, kita tak mampu. Tapi berfikirlah kita bisa. Jika meminjam kata-kata yang dipakai Obama saat kampanye Pemilu di Amerika Serikat ”YES WE CAN.” Semboyan yang juga dipakai merk ternama asal Jerman Adidas juga mengatakan bahwa tak ada hal yang mustahil “IMPOSSIBLE IS NOTHING.” Selalu berfikir positif dan percaya pada diri kita bahwa kita mampu melakukannya. Selain itu kerja keras dan kemauan untuk maju juga dapat membantu kita untuk hidup mandiri. Ada Pepatah yang mengatakan “bisa karena biasa.” Jadi kebiasaan melakukan segala sesuatu oleh diri sendiri akan menimbulkan kebiasaan mandiri.

Saya percaya bahwa manusia mampu melakukan apa saja yang ia mau jika didorong kemauan serta kerja keras. Hidup madiri juga bukan berarti kita tak membutuhkan orang lain di kehidupan kita, tapi hanya mencoba melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan diri kita sendiri. Tanpa melepas predikat bahwa kita adalah manusia, dan manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar