Selasa, 30 November 2010

Tulisan Bebas

MANAJEMEN DIRI SENDIRI, SUKSES MENCAPAI CITA-CITA

Setiap orang tentu mempunyai impian atau cita-cita. Kalau boleh meminjam lirik lagu Nidji yang berbunyi “mimpi adalah kunci untuk menaklukan dunia” maka haruslah kita mempunyai serta mewujudkan mimpi tersebut. Semua tentu diawali dengan impian, keinginan kita. Apa yang kita impikan, apa yang kita inginkan di masa depan merupakan suatu jalan atau langkah awal kita untuk menggapai cita-cita.

Tentu tak mudah menggapai cita cita tersebut. Perlu perjuangan, penuh tantangan, serta perlu adanya kedisiplinan diri. Perjuangan dan tantangan adalah hal di luar apa yang ada dalam diri kita. Kedisiplinan diri adalah cara membuat diri kita disiplin atau sesuai aturan yang ada. Tak dapat dipungkiri, untuk meraih sesuatu tentu kita harus berjalan sesuai dengan jalur yang ada. Jika kita melenceng dari jalur tersebut maka semakin jauh kita pada apa yang hendak kita raih. Dengan kedisiplinan diri maka kita mampu terus berada pada jalur yang benar. Kedisiplinan diri tersebut terkai dengan manajemen diri sendiri.

Tak hanya perusahaan atau organisasi saja. Diri kita ini juga memerlukan menejemen untuk mengatur diri kita dalam berbagai kegiatan di kehidupan kita ini. Dengan memanajemen diri, maka kita tentu membiasakan hidup disiplin atau sesuatu dengan yang telah ditentukan. Ditentukan oleh siapa?? Tentu oleh kita sendiri. Karena hanya diri kitalah yang mampu memanage atau mengatur segala kebutuhan diri kita. Tapi manajemen diri kita sendiri tentunya harus sesuai dengan nilai, norma dan hukum yang berlaku di lingkungan kita tinggal.

Manajemen dalam diri kita sama seperti manajemen dalam berbagai perusahaan atau organisasi. Jika dalam perusahaan atau organisasi manajemennya berupa perencanaan, pelaksanaan serta pengevaluasian untuk sebuah tujuan, maka diri kita juga memerlukan hal demikian. Contoh: dalam meraih impian ataupun cita-cita kita harus melalui berbagai langkah ataupun tahapan. Karena di dunia ini tidak ada yang instan. Di berbagai tahapan yang akan kita hadapi, maka kita perlu adanya strategi ataupun perencanaan untuk melalui tahapan tersebut. Setelah kita melakukan perencanaan apa saja yang akan kita lakukan, maka kita akan lakukan ataupun mengaplikasikan apa yang telah kita rencanakan. Tanpa perencanaan yang matang maka pelaksanaan dari perencanaan tersebut tentu tidak mudah. Ingat, semua yang kita lalui untuk meraih cita-cita pasti menemui hambatan. Setelah pelaksanaan, maka sebaiknya kita mengevaluasi apakah pelaksanaan tersebut telah sesuai dengan perencanaan yang telah tersusun sebelumnya. Hasil evaluasi diri ini dapat berguna untuk melalui tahapan tahapan berikutnya untuk meraih cita-cita. Dengan evaluasi maka kita tahu kekuranga apa yang kita miliki. Dan kita harus berusaha meminimalisir kekurangan kita tersebut.

Jika manajemen diri tersebut berjalan dengan lancar, maka bukan hal yang mustahil apa yang kita impikan, apa yang kita cita-citakan akan dapat kita raih. Sama seperti perusahaan yang ingin mencapai ujuan berupa profit, diri kita juga yang ingin meraih cita-cita haruslah memiliki manajemen diri sendiri. Agar semua kegiatan seta kebutuhan diri kita dapat terkontrol sepenuhnya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar