Selasa, 02 November 2010

Pengantar Bisnis


Pengelolaan bisnis pulsa


Coba perhatikan sekitar kita. Kehidupan zaman era modern ini hamper setiap orang memiliki handphone. Ya.. handphone (HP) atau telepon selular atau telepon genggam ini sangat dibutuhkan setiap orang. Mungkin zaman sekarang HP sudah menjadi keperluan pokok manusia. Coba bandingkan dengan tahun 90an. Dimana HP adalah barang lux (mewah) dengan harga yang selangit. Kini HP sudah dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga terjangkau.


Kegunaan atu fungsi dari HP adalah alat untuk berkomunikasi. Dimana dalamHP terdapat banyak fitur. Ya.. fitur-fitur yang melengkapi kegunaan HP itu sendiri. Brkomunikasi tidak hanya melalui telepon, tapi dengan HP kita juga dapat mengirim pesan singkat (short message service) (SMS). Makin majunya TI kegunaan HP pun bertambah untuk mengakses internet.


Kegunaan atau fungsi HP tersebut, seperti telepon, SMS, MMS, ataupun akses internet membutuhkan pulsa. Ya Bisnis Pulsa yang kini menjamur di masyarakat menjadi fenomena baru dalam kehidupan kita. Masyarakat tidak hanya memanfaatkan kegunaan HP secara langsung, tapi juga secara tidak langsung dengan membuka bisnis pulsa dan aksesoris HP.

Secara jenis, pulsa dapat dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama elektrik. Pulsa elektrik bias dibilang pulsa yang dikirimkan langsung oleh penjual pulsa pada pelanggan. Yang kedua pulsa fisik. Pulsa fisik lebih dikenal dengan voucher. Ya itu karena pelanggan yang membeli pulsa fisik akan diberi voucher yang berisi pulsa, dan dapat diisikan langsung sendiri ataupun oleh penjual pulsa.


Bisnis ini sendiri sangat mudah dilakukan. Karena tidak memerlukan suatu keahlian khuusus, yang dibutuhkan hanya modal serta tempat pemasaran yang strategis. Ya.. tidak memerlukan keahlian khusus karena kita hanya bertugas menjaga tako atau yang biasa disebut counter. Kita hanya perlu melayani pelanggan yang dating ke counter kita dengan ramah tamah serta sopan. Jangan lupa kita juga harus memberikan harga yang mampu bersaing di pasaran. Karena pada umumnya kualitas tiap counter pulsa sama, pelanggan hanya mencari dimana counter yang menjual pulsa lebih murah dari counter-counter lainnya.


Kita juga perlu memperhatikan dimana kita memulai bisnis pulsa ini. Tempat yang cukup strategis, serta jarang ada pesaing adalah tempat yang sangat tepat. Pemasaran pun dilakukan dengan pemberian harga yang cukup terjangkau pelanggan. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan tetap membeli pulsa pada counter kita. Yang lebih diharapkan adalah pemberitaan para pelanggan atas counter kita pada orang lain, sehingga makin banyak yang mengetahui serta menjadi pelanggan juga.


Selain pelayanan konsumen serta pemasaran, kita juga perlu memperhatikan kelengkapan produk yang kita jual. Provider-provider yang sudah banyak di Indonesia sendiri perlu kita lengkapkan. Tapi tidak perlu pembelian secara besar-besaran terhadap semua provider. Kita hanya perlu mengetahui apa yang lebih banyak digunakan masyarakat maka persediaan yang perlua ada juga hrus lebih banyak disbanding provider yang kurang diminati masyarakat. Sebagai contoh para pelajar atau siswa mayoritas menggunakan provider m3 atau 3. Persediaan pulsa kita baik fisik ataupun elektrik haruslah banyak akan provider m3 atau 3 tersebut. Itu jika pasaran kita adalah para pelajar, jika para pekerja kantoran mereka lebih banyak menggunakan telkomsel ataupun XL. Maka persediaan pulsa kita haruslah disesuaikan dengan pasaran kita.


Jika kita memiliki modal lebih, alangkah baiknya jika kita juga menyediakan berbagai aksesoris HP. Biasanya kalangan remaja sangat menyukai aksesoris unik untuk HPnya. Contohnya dapat berupa mika HP, anti gores, gantungan HP, chasing HP atau berbagai stiker menarik yang banyak diminati masyarakat (sedang trend).


Semakin banyaknya bisnis pulsa ini memang menimbulka kekhawatiran bagi yang ingin memulai bisnis pulsa. Tapi tak perlulah khawatir, selama manusia atau masyarakat menggunakan HP, maka masyarakat juga memerlukan pulsa untuk melakukan melengkapi kegunaan dari HPnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar