Selasa, 30 November 2010

Tulisan Bebas

Mahasiswa plus. Apa sih arti kata plus tersebut??

Plus disitu dapat diartikan lebih. Jadi dapat dikatakan mahasiswa plus adalah mahasiswa yang memiliki suatu kelebihan dibanding mahasiswa lainnya. Kelebihan yang spesial yang dimilikinya yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi dirinya. Mahasiswa yang mampu menghasilkan sesuatu. Sesuatu tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya ataupun orang di sekelilingnya.

Mahasisiwa yang bernilai plus berarti mahasiswa yang beraktivitas tidak hanya di dalam ruang kuliah tapi juga di luar. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa sungguh sangat banyak di luar kegiatan kuliah. Dibanding siswa, mahasiswa sudah mampu melakukan segala sesuatu yang dapat bermanfaat bagi dirinya atau orang lain tanpa adanya batasan. Batasan disini dapat diartikan sebagai usia. Karena kegiatan kegiatan siswa sekolah seringkali terkendala faktor “belum cukup umur.” Aktivitas ataupun kegiatan mahasiswa diluar kuliah dapat dilakukan di lingkungan kampus ataupun di lingkungan sosial dalam bermasyarakat.

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, banyak hal ataupun kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai contoh di lingkungan kampus, para mahasiswa dapat bergabung kedalam UKM UKM yang ada di kampus mereka. UKM yang kini mulai menjamur makin meramaikan berbagai kegiatan mahasiswa dilingkungan kampus. Sedikit contoh UKM KOPMA, FUTSAL, BASKET, DANCE, Fotografi dll yang kini mulai merambah berbagai bidang. Dari berbagai UKM mahasiswa mampu menjadi seorang mahasiswa yang bernilai plus. Yaitu dengan melakukan kegiatan-kagiatan UKM yang tentu menghasilkan sesuatu bagi dirinya.

Sementara itu kegiatan di luar kampus mahasiswa dapat bekerja sambilan atau part time agar mampu berpenghasilan sendiri. Sebuah nilai plus jika mahasiswa mampu membantu orang tua dalam hal biaya perkuliahan. Tidak hanya dengan bekerja, menjadi mahasiswa plus dengan mambantu orang tua dalam hal biaya perkuliahan mahasiswa dapat dengan meraih beasiswa yang diadakan baik dari pihak kampus ataupun pihak luar. Itu pun dapat dikatakan mahasiswa bernilai plus karena dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan orang tuanya.

Tapi di lain pihak mahasiswa yang memiliki kegiatan diluar kegiatan perkuliahan belum tentu mahasiswa tersebut bernilai plus. Karena banya juga kegiatan mahasiswa yang tidak memiliki manfaat baginya. Bahkan ada juga kegiatan mahasiswa yang cenderung merusak dirinya. Contohnya adalah tindak anarki, free sex, atau bahkan NARKOBA yang tentu saja berdampak negatif bagi para mahasiswa.

Maka dari itu perlu adanya kesadaran dari semua mahasiswa juga perlu adanya kontrol baik itu dari orang tua ataupun pihak universitas untuk mengarahkan mahasiswa pada berbagai aktivitas yang posituf untuk menjadi mahasiswa bernilai plus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar