Sabtu, 13 November 2010

Tugas Tulisan Bebas

andai aku jadi presdir perusahaan

Siapa sih yang tak kenal keluarga bakrie?? Ya.. pengusaha kaya raya yang rumornya merupakan hkan perusahaan milik keluarga bakrie sudah terkenal sampai mancanegara. Konon katanya pula, kekayaan keluarga bakrie ini tak ada habisnya sampai 7 turunan. Wah betapa makmurnya hidup mereka. Andai saya bisa seperti itu. Hahaha... silahkan bermimpi, tapi jangan lupa gapailah mimpi itu.karena Impossible is Nothing.

Oke kini saya hanyalah bisa berkhayal menjadi pemilik sebuah perusahaan. Karena untuk menjadi pemilik sebuah perusaahaan tidaklah mudah. Diperlukan modal yang tidak sedikit. Tak hanya modal, skill serta kemampuan menjadi pemilik sekaligus pemimpin sangatlah penting dalam memimpin serta mengelola perysahaan. Perusahaan itu sendiri tak hanya didirikan tapi juga perlu pengelolaan yang baik, entah itu dari karyawan, maupun pemilik perusahaan.

Untuk menjadi seorang pemilik, anggap saja saya sudah memiliki modal dan sudah mendirikan perusahaan. Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menentukan visi serta misi perusahaan kita. yang tercantum di dalamnya tujuan perusahaan. Karena buat apa kita mendirikan suatu perusahaan kalau tidak memiliki arah tujuan?? Kalau meminjam lagu Armada “mau di bawa kemana perusahaan kita??” maka dari itu perlulah mentukan tujuan perusahaan. Tujuan peruasahaan juga sebaiknya berada pada bidang yang kita kuasai. Agar lebih mudah serta dapat kita kelola dengan baik.

Setelah tujuan terbentuk, maka selanjutnya adalah menentukan strategi perusahaan dalam bersaing di pasar. Strategi ini juga sebaiknya dirapatkan dengan para manajer terkait. Apa rencana perusahaan untuk menarik konsumen. Untuk menentukan strategi apa yang akan kita ambil maka dibutuhkan beberapa hal penting, diantaranya: riset pasar, observasi selera konsumen, melihat para perusahaan pesaing dll.

Setelah strategi telah dibuat dengan sangat matang, maka kini adalah menjalankan strategi tersebut. Butuh karyawan yangn profesional di bidangnya untuk menyukseskan strategi perusahaan. Selain itu juga perlu adanya kontrol tiap unit dalam menjalankan strategi perusahaan. Kontrol disini berguna agar perusahaan tetap berada pada jalurnya, sesuai strategi perusahaan.

Tentu dari semua itu juga perlu didukung karyawan yang profesional serta memiliki dedikasi serta loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Maka saya akan merekrut orang-orang yang telah ahli di bidangnya. Tanpa adanya karyawan yang profesional, maka tak akan tercapai tujuan dari perusahaan.karena bagai tubuh manusi, karyawan merupakan tulang punggung, yang menopang berdirinya perusahaan.

Tak lupa juga, khayalan saya tentang menjadi pemilik perusahaan, tentu pula berkhayal menjadi pemilik perusahaan yang sukses dan kaya raya seperti keluarga bakrie. Maka setelah perusahaan kita berada pada TOP atau tingkat atas, dimana saat itu perusahaan kita sudah dapat dikatakan sukses, saya akan tetap melakukan kontrol terhadap perusahaan. Karena saya sadar, tanpa kontrol yang baik, segala sesuatu yang sudah baik akan menjadi tak baik pula. Kesalahan-kesalahan elementer harus segera diperbaiki. Hal ini untuk menjaga konsistensi perusahaan di pasar, agar perusahaan kita tetap berada pada puncak kesuksesan atau TOP.

Hahaha lucu memang berkhayal masa depan. Tapi yang jelas janganlah malu berkhayal. Karena bisa saja khayalan kita menjadi ambisi kita dan pasti kita akan berusaha mewujudkan ambisi kita tersebut. Ingat lagu Nidji “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar