Selasa, 02 November 2010

Tugas Tulisan Bebas

HIDUP DENGAN BERWIRASWASTA
Berwirausaha atau berwiraswasta adalah salah satu cara masyarakat indonesia membangun perekonomian indonesia. Ya.. perekonomian indonesia dapat ditopang dari banyaknya masyarakat indonesia yang berwiraswasta. para usahawan atau orang yang berwiraswasta ini dapat memberikan sumbangsih terhadap perekonomian negara. Sebagai contoh pada tahun 1998 Indonesia dilanda krisis moneter yang sangat hebat. Hingga nilai rupiah jatuh. Tapi perekonomian di Indonesia masih dapat tertolong dari kebangkkrutan karena banyaknya masyarakat Indonesia yang berwiraswasta.


Para usahawan, mereka mampu menghidupi dirinya sendiri serta keluarganya tanpa harus bekerja pada orang atau organisasi lain. Mereka berfikir, jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?? Dengan kemandirian, kerja keras, pantang menyerah serta keberanian dalam menjalankan usahanya dapat membuatnya sukses. Kehidupan perekonomiannya pun juga menjadi terangkat. Tak perlu modal dana yang besar-besaran untuk sukses. Kerja keras serta tekun adalah hal utama yang membuat kita menjadi maju. Begitu pula dalam hal usaha.tak akan ada hasilnya jika kita berusaha tidak dengan tekun. Justru usaha itu hanya akan menjadi sia-sia.


Memang sekilas jika kita melihat para usahawan di jakarta hidupnya sangatlah enak, santai, seperti tiada beban. Tapi dibalik itu semua sebelum mereka meraih kesuksesan, mereka kerja keras, banting tulang untuk memajukan usahanya. Dari nol mereka mulai jingga sukses. Semua itu karena kerja keras mereka setelah kerja keras mereka itu semua, kini mereka hanya tinggal memetik hasil jerih payah merreka selama ini. Uang yang terus berdatangan ke tangan mereka, kenyamanan dalam hidup, serta kesejahteraan anggota keluarga yang telah terpenuhi adalah hasil dari usahanya yang dirintis dari nol. Kemapanan mereka telah teruji dilihat dari perkembangan usahanya. Maka berbahagialah para usahawan yang telah meraih kesuksesan. Kesuksesan yang telah diraih juga bukan semata-mata kerja kerasnya sendiri. Para usahawan juga membutuhkan dukungan baik moril ataupun materil dari orang lain, terutama orang sekitarnya, seperti keluarga. Doa restu dari keluarga adalah hal pertama yang harus dimiliki para usahawan dalam berwiraswasta.tanpa doa restu keluarga, maka usahanya tak akan membawa keberkahan bagi dirinya ataupun keluarganya. Dukungan lain juga dapat datang dari teman, sahabat ataupun partner bisnis. Dukungan dari mereka sangatlah berarti untuk menjalankan usaha kita. Tanpa mereka kita akan mengalami kesulitan baik dalam hal modal, pemasaran ataupun perkembangan usaha kita.


Tapi setelah kesuksesan yang telah kita raih, maka baiknya kita bersyukur pada Allah swt atas rahmat dan ridhanya maka usaha kita mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak lupa pula kita menyumbang pada saudara kita yang mengalami serba kekurangan. Namun hal yang terpenting adalah bagaimana cara kita mempertahankan kesuksesan yang telah kita raih. Patut diingat kehidupan ini bagai roda yang brputar. Dulu saat kita mulai usaha kita berada di posisi bottom atau bawah. Tapi lambat laun dengan kerja keras kita berhasil menaikan menjadi posisi midle bahkan jika telah meraih kesuksesan kita berada pada posisi top. Maka sebisa mungkin kita perlu menjaga kesuksesan kita. Banyak caranya, diantaranya dengan melakukan kontrol pada usaha ita, melakukan inovasi-inovasi baru, terus mengikuti perkembangan zaman dan selera pelanggan serta adanya perbaikan-perbaikan dari segala kekurangan yang ada.


Wiraswasta juga menuntut adanya disiplin diri serta pemikiran untuk maju. Kehidupan bahagia dari berwiraswasta atau wirausaha dapat diperoleh dari hasil usaha yang telah kita keluarkan selama ini. Tanpa itu semua takkan ada hidup bahagia dari berwiraswasta, selama berwiraswasta kita hanya akan terus dan terus statis tanpa ada hasil yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar