Selasa, 02 November 2010

Pengantar Bisnis

Pengelolaan bisnis Percetakan
Salah satu yang dibutuhkan masyarakat perkotaan khususnya. Usaha percetakan umumnya dibutuhkan untuk perkantoran ataupun mahasiswa. Mereka menggunakan jasa percetakan untuk memenuhi tugas ataupun untuk berbagai event yang akan diselenggarakan. Selain itu Jasa percetakan juga digunakan oleh masyarakat umum. Jasa percetakan pada umumnya melayani segala hal yang berhubungan dengan dokumen, seperti undangan, ID Card, ataupun seperti reklame seperti Baliho, Poster dll.
Memulai usaha percetakan dimulai dengan adanya modal yang kita miliki. Modal tersebut juga dapat dari milik sendiri ataupun pinjaman. Yah.. kalau mau lebih mudah lagi kita membangun bisnis ini dengan join atau bergabung dengan teman. Untuk masalah modal, bisnis percetakan membutuhkan modal yang cukup besar. Karena untuk pembelian mesin percetakan yang berskala besar tidaklah murah. Jika hanya percetakan yang berorientasi kecil, keuntungan yang akan diperoeh tidaklah besar, dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan modal kita.
Setelah memiliki modal yang cukup, kita perlu mencari lokasi tempat kita memulai bisnis percetakan ini. Tidaklah mudah menetapkan lokasi percetakan, sebaiknya kita memilih lokasi pnggir jalan utama dari sebuah perkotaan. Karena jalan utama sering sekali dilewati orang. Seperti contoh di jalan margonda banyak menjamur percetakan.
Tidak sampai disitu saja. Setiap memulai usaha kita memerlukan adanya promosi. Bagaimana memperkenalkan produk kita pada masyarakat. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penyebaran brosur atau memasang reklame yang besar di depan tempat usaha kita yang memiliki lokasi yang strategis. Dalam hal ini kita juga perlu memperhatikan para pesaing. Promosi juga dapat dilakukan dengan kata kata yang menarik serta harga yang mampu bersaing di pasaran. Berbagai aspek perlu kita perhitungkan, mulai dari harga, kualitas produk, pelayanan, serta ketepatan waktu. Karena dalah bisnis percetakan kepuasan konsumen merupakan hal yang terpenting.
Pelayanan serta membuat konsumen merasa puas akan produk kita pun banyak caranya. Seperti karyawan yang kita kerjakan haruslah ramah serta professional. Lalu produk pemesanan atau percetakan haruslah memiliki kualitas yang baik. Karena jika konsumen sudah merasa puas, mereka akan kembali lagi pada kita. Dan bukan hal yang tak mungkin order yang akan kita terima menjadi lebih besar atau lebih banyak konsumen baru yang datang.
Perlu diketahui juga, jasa percetakan biasanya ramai atau kebanjiran order pada saat-saat tertentu. Sebagai contoh pada musim kampanye. Banyak caleg ataupun tim sukses dari partai-partai yang memberikan order besar. Seperti pembuatan Spanduk, Baliho, Poster, Pamflet, Undangan dan lain-lain. Jika kita telah memiliki relasi yang baik terhadap seseorang yang berkepentingan dalam politik atau berada dalam suatu organisasi akan memudahkan kita mendapatkan order. Karena sebagian besar dari order yang diterima adalah dari suatu organisasi, partai, departemen ataupun dinas-dinas. Sangat jarang individu yang dating ke jasa percetakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar