Kamis, 21 April 2011

Kekayaan alam dan kemakmuran Indonesia

Kekayaan alam dan kemakmuran Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yg mnyimpan brbagai macam kekayaan alam berupa flora dan fauna. kekayaan ini cenderung bersifat komersil, contohnya saperti kekayaan alam yg terdapat di lautan dapat dijadikan sebagai bahan pangan manusia.
tidak hanya itu, masih terdapat macam dan jenis berbeda di alam Indonesia ini baik di daratan maupun di perairan.
hal lain kekayaan ini juga dapat menarik perhatian dan menghasilkan suatu kesenangan pada setiap orang tertentu, misalnya di Indonesia ini terdapat tumbuhan khas yaitu raflesia, tidak sedikit orang yg enggan untuk memelihara tumbuhan ini karena keunikannya yg berbau bangkai pada sore hari.
dengan demikian, kekayaan alam di Indonesia ini dapat dijadikan sebagai mata pencaharian, salah satu contoh adalah peternak hewan yg menenarkan serta membesarkan hewan ternak untuk dijual kepasaran sebagai kebutuhan dapur rumah tangga dan juga menghasilkan laba uang bagi si peternak itu sendiri.
dalam hal lain, untuk flora di negeri ini memiliki fungsi yg ciukup banyak, selain untuk bahan makanan berupa sayur - sayuran, tumbuhan juga merupakan bahan mentah yg akan di olah menjadi benda - benda furniture seperti; meja, bangku, lemari, dll. serta tumbuhan ini pun dapat mengatasi global warming, pastinya ini akan menghasilkan kemakmuran untuk masyarakan dan juga alam semesta ini.
namun, dibalik semua ini masih terdapat kejanggalan pada negeri ini. Indonesia memiliki banyak kekayaan alam tetapi masyarakat nusantara masih sangat bergantung pada negeri luar. indonesia mengekspor kekayaan alam berupa bahan - bahan mentah dan diimport kembali setelah menjadi bahan matang yg telah diolah di luar negeri. salah satu contohnya adalah minyak bumi yg dieksport berupa minyak mentah dan diimport kembali setelah menjadi minyak yg sudah dapat digunakaan sebagai bahan bakar untuk kebutuhan masyarakat. hal ini disebabkan karena sunder daya manusia d Indonesia masih rendah sehingga belum bisa menghasilkan kekayaan alam ini menjadi bahan yg siap pakai, meski tidak semua namun hal ini sangat berpengaruh pada neraca perdagangan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar