Rabu, 30 November 2011

Koperasi Pendekatan kelompok dan menghimpun simpanan sukarela

Koperasi Pendekatan kelompok dan menghimpun simpanan sukarela

Mendengar kata “Kampung Melayu” pikiran kita akan menerawang pada daerah banjir yang selalu nyaris menjadi langganan tempat mampirnya air dan aliran kali Ciliwung setiap tahunnya. Namun, untuk persoalan dana bergulir, ada hal yang patut kita berikan apresiasi kepada para pengurus dan pengelola KJK disana.
Program dana bergulir sangat bermanfaat bagi masyarakat bagi masyarakat kampung melayu yang tidak punya akses ke Bank dan memberantas rentenir”, kata Amirudin Hasan, 50th, Ketua KJK PEMK Kampung Melayu. Sejak 24 November 2009 sampai saat ini jumlah pemanfaat dana bergulir sudah 950 orang dengan akumulasi dana sebesarb1,8M rupiah. Sedangkan jumlah dana yang terkumpul dari masyarakat melalui simpanan pokok wajib dan sukarela serta SHU koperasi per Desember 2010 sebanyak Rp. 214.392.350. Kampung Melayu yang dihuni lebih dari 30ribu jiwa dan merupakan daerah rawan banjir, pendekatan kelompok dan simpanan sukarela merupakan strategi mengatasi kemacetan pengembalian dana, termasuk menghimpun simpanan sukarela yang dipakai sebagai jaminan keterlambatan tunggakan. Selain untuk meningkatan keluarga anggota koperasi yang mengalami musibah. Koperasi menyediakan jasa pengurusan jenazah termasuk ambulance dan santunan.

Visi dan Misi
Visi
Menjadi unit pengelola dana bergulir yang terpecaya dan handal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat kelurahan.

Misi
• Menyediakan dan mengelola dana bergulir untuk memberi kemudahan akses permodalan bagi masyarakat dikelurahan.
• Meningkatkan kemampuan kewirausahaan masyarakat kelurahan
• Meningkatkan ekonomi kelurahan
• Menciptakan lapangan pekerjaan

Besarnya permintaan dana bergulir di Kampung Melayu yang umumnya masyarakat bawah, perlu adanya penyertaan modal pemerintah di koperasi, karena sekarang ini dana bergulir merupakan pinjaman dengan tenor jangka waktu yang sangat pendek 2th, sehingga dana yang dikelola koperasi cepat berkurang karena harus mengangsur setiap bulannya.

Sumber : KJK PEMK Kampung Melayu, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur
Kelompok :
  • Ratna Sapitri (25210671)
  • Garnis Suciati Sukanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar