Rabu, 30 November 2011

Koperasi Kualiatas Usaha, Pendekatan Kelompok dan LWK

Koperasi Kualiatas Usaha, Pendekatan Kelompok dan LWK

Jati Padang adalah satu dari enam puluh lima kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Selatan. Mengamati perkembangan KJK di wilayah ini, ada beberapa hal yang patut di share untuk KJK lainnya Jakarta ini. KJK Jati Padang mulai menerima dana bergulir pada 24 November 2010 lalu, saat ini akumulasi dana sudah mencapai Rp. 1.198.000.000 dengan pemanfaat sebanya 347 orang per Maret 2011 sedangkan equity Koperasi Per Desember 2010 di tambah simpanan sukarela masyarakat mencapai Rp. 86.485.000 itu diharapkan akan terus meningkatkan seiring peningkatan kinerja dan modal terkumpul.
Program dana bergulir sekarang ini jauh lebih baik, dibandingkan program PPMK sebelumnya, kita mengenal pemanfaatan secara langsung, adanya interaksi guna pembinaan usaha si pemanfaat, kata H Achmad Maulana Lubis, SE , 58th ketua KJK PEMK Jati Padang. Pendekatan kelompok dalam penyaluran dana bergulir di Jati Padang menjadi penting, karena secara pribadi pemanfaat dikenal karakter bisnis pemanfaat belum dikenal oleh karenanya KJK Jati Padang mengutamakan kualitas usaha si pemanfaat dari pada mengerjar jumlah target pemanfaatan, dimana penyaluran dana bergulir dilakukan satu minggu sekali, setelah terlebih dahulu para pemanfaat diikutkan dalam Latihan Wajib Kelompok (LWK). Strategi ini dilakukan karena ketatnya persaingan usaha lembaga keuangan mikro di wilayah Jati Padang.

Visi dan Misi

Visi
Menjadi unit pengelola dana bergulir yang terpecaya dan handal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat kelurahan.

Misi
• Menyediakan dan mengelola dana bergulir untuk memberi kemudahan akses permodalan bagi masyarakat dikelurahan.
• Meningkatkan kemampuan kewirausahaan masyarakat kelurahan
• Meningkatkan ekonomi kelurahan
• Menciptakan lapangan pekerjaan

Transparansi menjadi kunci pengelola dana bergulir, mengingat dana ini milik pemerintah yang harus dipertanggung jawabkan pengurus, baik ke pemerintah maupun masyarakat, selain itu juga mengharapkan plafon pembiayaan dana bergulir ditingkangkatkan menjadi 20jt rupiah agar anggotanya tidak pindah ke lembaga pembiayaan lain.


Sumber : KJK PEMK Jati Padang, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Nama kelompok : Garnis Suciati Sukanda 22210955
Ratna Sapitri 25210671

Tidak ada komentar:

Posting Komentar