Minggu, 09 Oktober 2011

Peranan Koperasi


PERANAN KOPERASI
Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :
·         Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
·         Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat  banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna


Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya :
-Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-Produk yang dihasilkan tidak homogen
-Ada produk substitusinya
-Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
-Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan      keinginan penjualnya


Peranan koperasi dalam pasar monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.
Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.


Koperasi dalam Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada
    beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga

Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan  mengadakan product defferentiation dan memperluas  pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,  membedakan mutu dan bentuk produk

Koperasi dengan Biaya Tinggi Dalam Suatu Pasar Oligopoli
Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli

Penawaran Harga yang bersifat Predator
Price Leadership :
Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah

Sumber : http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:5WdBXK7G1UEJ:ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7226/EKOP-%2BBab%2B11.%2BPERANAN%2BKOPERASI.ppt+peranan+koperasi&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgji2BrPDpwysRiz7FdH3TucUDVe61nBTIvwli2lXZo4xW-9DwcxyJxgOGGWgGYR0EoRGWmTBxJuD1vaJL6H63EUeW8o2pCKOwKWF4O-cUiM2f5hs0N_kHvzzR4t5UqrHGXVGgI&sig=AHIEtbQN8prnsgu8oRF3O0voiQNfdZRs5w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar