Jumat, 15 Oktober 2010

Pengantar Bisnis



PENGELOLAAN BISNIS WARNET YANG DAPAT MENDATANGKAN KEUNTUNGAN
 
Zaman Globalisasi membuat manusia harus terus berfikir dan mengembangkan segala pola tingkah fikirnya untuk dapat bertahan hidup. Tidak seperti zaman purbakala, manusia bertahan hidup cukup dengan adu kuat, tapi sekarang kekuatan otak kita harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Persaingan yang makin ketat, serta perkembangan tekhnologi dan Informasi yang makin menjadi membuat kita harus mampu memanfaat segala seuatu untuk kita memenuhi kebutuhan hidup kita. Salah satu hal yang dapat kita manfaatkan adalah internet. Ya Internet sudah menjadi trend atau juga refrensi untuk segala hal. Apapun yang kita ingin tahu tersedia di internet.
Internet sendiri dapat kita jadikan bisnis yang cukup menjanjikan mendatangkan keuntungan besar. Seperti diketahui sudah banyak bisnis internet yang telah memiliki nama, seperti THE PATCH, ya The Patch salah satu contoh bisnis internet yang telah merambah dunia franchise. Sekitar kampus kita saja ada 2 warnet berlabel The Patch.
Bisnis Warnet adalah usaha menyewakan komputer dengan fasilitas internet yang nilai investasinya menengah dan masih sangat menjanjikan dalam hal keuntungan. Sebenarnya bisnis ini sangat mudah dilakukan, tidak banyak menyedot waktu dan perhatian serta mudah untuk dikontrol. bisnis Warnet sangat baik untuk mendatangkan keuntungan dan mencegah adanya kerugian, karena pembayarannya berupa cash, tanpa adanya hutang.
Membangun bisnis tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, masalah selalu saja menghampiri kita. Untuk sukses dalam hal bisnis, pertama kita perlu mengetahui masalah-masalah apa saja yang akan kita hadapi dalam menjalankan bisnis tersebut. Masalah yang dihadapi dalam membangun Bisnis Warnet. Mulai dari mengumpulkan uang investasi, mencari tempat yang strategis, menyiapkan peralatan seperti meja dan kursi, instalasi kabel listrik, AC dan network, instalasi software, menyiapkan billing dan kasir, koneksi internet sampai promosi warnet.
Setelah kita mengetahui masalah, kita perlu tahu cara menyelesaikan masalah atau mencari jalan keluar dari masalah tersebut.
Masalah pertama, uang investasi; memang dalam membangun usaha atau bisnis warnet ini tidak hanya dengan modal nekat saja, ngkintapi membutuhkan dana atau modal yang cukup besar. Dana tersebut dapat berupa dari modal pribadi atau kita join dengan teman atau orang lain yang bersedia menjadi investor kita. Tapi jika seperti itu keuntungan yang akan kita peroleh akan dibagi 2 olehnya. Jika kita belum memiliki modal yang cukup, kita bisa meminjam uang pada bank, tak perlu takut, jika kita kelola bisnis ini dengan baik, akan cepat balik modal dan mampu membayar pinjaman tersebut. Ingat dengan modal besar, maka kita akan semakin besar mendapatkan profitnya.
Masalah tempat yang strategis; untuk warnet tak begitu terlalu memusingkan masalah tempat, karena warnet digunakan oleh semua kalangan masyrakat, mulai dari anak kecil sampai dewasa, dari siswa sampai mahasiswa, dari pekerja sampai pengangguran. Tempat yang paling memungkinkan mendatangkan profit besar untuk bisnis warnet adalah dekat dengan kampus atau sekolah. Karena siswa atau mahasiswa sangat membutuhkan jasa internet. Jika di sekitar perumahan, mohon diperhatikan, apa situasi disekitar tersebut memerlukan internet atau tidak.
Masalah peralatan, instalasi software serta instalasi billing dan koneksi; meja, kursi, AC, instalasi listrik, software serta koneksi dapat kita berhubungan dengan pihak terkait. Utamakan kualitas, dalam menggunakan peralatan, karena kepuasan konsumen sangat membantu kelancaran bisnis warnet, jika konsumen merasa puas, bukan tak mungkin akan dating kembali atau bahkan menjadi langganan, atau yang lebih menguntungkan konsumen akan menyebarluaskan kepuasan atas warnet kita pada orang lain, yang akan dating menggunakan warnet kita, ini juga mampu menjawab masalah promosi. Selain itu masalah promosi dapat disesuaikan dengan tariff yang kita tetapkan terjangkau dengan masyarakat.
Tak perlu khawatir dengan semakin menjamurnya bisnis serupa, selama internet dibutuhkan masyarakat maka bisnis warnet akan terus diminati konsumen, kita hanya perlu bersaing dengan yang lain. Selama kita mampu memberikan pelayanan serta kualitas yang kita berikan pada konsumen baik, maka kita sudah mampu bersaing di zaman globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar